dzikir

7 Manfaat Dzikir, Untuk Ketenangan Jiwa

Bagi umat muslim, pasti mengenal dzikir, ini adalah bentuk puji-pujian pada Allah, yang diucapkan secara berulang-ulang. Aktivitas ini sendiri termasuk ke dalam bentuk ibadah bagi umat muslim, dalam rangka mengingat Allah, dan hal tersebut juga tercantum dalam Al Qur-an.

Pengertian

Jenis dzikir sendiri cukup beragam, tidak hanya membaca tasbih atau Subhanallah, Tahmid atau Alhamdulilah dan juga Takbir atau Allahu Akbar, saja namun dzikir sendiri mempunyai pengertian yang lebih luas. Terutama tentang berbagai macam nikmat yang Allah berikan, juga termasuk dalam jenis dzikir.

Pelaksanaan dzikir

Untuk pelaksanaan dzikir sendiri sebenarnya bisa kapan dan dimana saja, tapi setidaknya umat muslim dapat melakukannya pada waktu pagi, petang atau sebelum tidur. Ini seperti yang dibahas dalam dibahas pada Q.S Al Ahzab ayat 42 hingga 43. Yang artinya tentang umat muslim sebaiknya bertasbih pada waktu pagi dan sore hari, agar kelak memperoleh rahmat yang diberikan melalui malaikatnya.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk dzikir pagi, yaitu :

  • Dimulai dengan membaca ta’awudz,
  • Lalu membaca ayat kursi,
  • Yang kemudian membaca beberapa ayat Quran lainnya, seperti Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas, dengan masing masing sebanyak 3 kali.
  • Ada juga doa dzikir, lanjut ke sayyidul istighfar.

Sedangkan untuk dzikir petang, teknik pelaksanaannya tidak terlalu jauh dengan yang pagi, hanya saja dilakukan pada sore hari.

Adapun ajakan dzikir sebelum tidur, juga dapat anda lakukan. Adapun tata pelaksanaan yang sebaiknya dilakukan adalah :

  • Membaca surat Al-Ikhlas, Al Falaq, dan juga An Naas,
  • Membaca ayat kursi
  • Sambil membersihkan tempat tidur, maka sebutlah nama Allah sebanyak 3 kali.
  • Membaca doa keselamatan
  • Membaca tasbih, tahmid, dan takbir, masing-masing sebanyak 33 kali.
  • Terakhir membaca surat As Sajdah dan juga Al Mulk, serta An Nasa sebanyak 1 kali.

Walaupun terbilang panjang, untuk masing-masing tata cara bacaan dzikir, namun Anda tidak harus membaca semuanya. Bacalah semampunya saja.

Manfaat Dzikir

Tidak hanya memuji Allah saja, namun melakukan dzikir sendiri akan memberikan manfaat yang sangat banyak untuk diri Anda sendiri. Berikut ini, adalah beberapa manfaat yang dimaksud, antara lain :

  1. Dzikir sebagai obat hati

Dzikir bisa menjadi obat hati, yang mampu membaut hati dan ruh jadi semakin kuat untuk mengingat Allah. Seperti yang diceritakan Ibnul Qayyim Rahimahullah, tentang Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, yang selalu ketika shalat Shubuh dan berdzikir kepada Allah Taa’la sampai beranjak siang.

Secara tidak langsung kegiatan seperti ini, akan membuat hati, jadi semakin mengkilap, sebelum hati berkarat karena lupa akan Allah.

  1. Sebagai perlindungan diri

Melakukan dzikir juga memberikan manfaat pada diri sendiri akan Allah, dan berbagai macam rahmat yang diberikan oleh Allah.

Salah satu rahmah yang sering kali lalai Anda nikmati adalah kesehatan. Seringkali ketika Anda mengunjungi orang yang sakit, pasti membaca doa menjenguk orang sakit sebagai bentuk perlindungan dan ungkapan doa agar penyakit yang sedang diderita segera diangkat. Namun terkadang diri sendiri sering kali lupa untuk bersyukur bahwa diri sendiri masih diberi kesehatan.

Manfaat dzikir, selain sebagai bentuk rasa syukur akan berbagai nikmat yang diberikan, juga perlindungan dari berbagai macam hal. Seperti ketika Anda mengucapkan doa berlindung dari penyakit.

  1. Mendapatkan perlindungan dari Allah

Manfaat dzikir lainnya adalah selalu memperoleh perlindungan dari Allah dari berbagai macam keburukan yang ada di sekeliling, baik di dunia maupun di akhirat. Misalnya saja seseorang yang memanjatkan doa ketika terjadi banjir, secara tidak disadari dirinya sudah memperoleh manfaat dzikir, karena dirinya tidak terkena banjir.

Lain halnya ketika hujan turun dan orang tersebut memanjatkan doa ketika turun hujan, maksudnya di sini adalah memohon perlindungan agar dirinya diselamatkan dari berbagai macam hal yang mungkin saja terjadi ketika hujan turun, selain sebagai rasa syukur atas anugerah hujan yang ada.

  1. Semakin mendekatkan diri pada Allah

Melakukan dzikir secara rutin juga sebagai bentuk peringatan akan siapa diri Anda sendiri di mata Allah. Bahwa pada dasarnya diri sendiri bukan siapa-siapa di mata Allah yang dapat senantiasa memberikan kehidupan dan kematian bagi makhluknya.

Oleh karena itu bentuk dzikir ini secara tidak langsung juga akan selalu mengingatkan Anda bahwa siapapun harus selalu berbuat kebaikan kepada siapa saja, dan mencegah kemungkaran, dengan cara yang sebagaimana mestinya.

Tahukah Anda bahwa secara tidak langsung melakukan dzikir seperti ini, tidak jauh berbeda ketika Anda melakukan doa mohon perlindungan dari kejahatan semua makhluk, baik itu binatang, makhluk gaib dan yang lainnya.

Manfaat ini juga yang akan Anda rasakan dari keutamaan al Kahfi, dimana ketika Anda membaca surat Al Kahfi, manfaat dijauhi dari titah dajal, memperoleh cahaya ketika hari kiamat tiba, selalu diterangi oleh cahaya Allah, bahkan diampuni dosanya oleh Alloh, akan Anda dapatkan.

  1. Segala kebutuhannya dicukupi

Yang namanya manusia pasti mempunyai banyak sekali kebutuhan. Aneka kebutuhan tersebut, dapat diperoleh secara langsung, seperti oksigen. Namun ada juga yang harus dicari, salah satunya adalah rezeki, seperti uang, pekerjaan, jodoh dan yang lainya. Selain berusaha dengan cara bekerja dan mencari, dzikir juga sama dengan doa, yang meminta bantuan kepada Allah, untuk dilancarkan maksud dan tujuannya.

Misalnya saja Anda yang saat ini baru saja mempunyai buah hati, namun tidak mempunyai cukup biaya untuk melakukan aqiqah. Anda dalam hal ini melakukan nazar ingin melakukan aqiqah, ketika sudah mempunyai cukup uang, dari hasil kerja. Maka pada saatnya kelak, Anda akan melakukan aqiqah sesuai dengan hukum aqiqah nazar itu sendiri.

  1. Ganjarannya Surga

Salah satu manfaat dari melakukan dzikir adalah adaya ganjaran yang luar biasa, seperti memperoleh surga.

Manfaat seperti ini tentu saja tidak jauh berbeda ketika Anda melakukan doa doa kafaratul majelis, dimana keutamaan doa tersebut adalah mampu menghapuskan dosa kecil yang dilakukan oleh sebuah majelis, atau suatu lembaga pendidikan keagamaan yang sedang Anda ikuti sekarang.

  1. Memberikan ketenangan

Dzikir ini juga akan memberikan anda ketenangan batin. Dimana berbagai macam gelisah, dan gangguan hati lainnya, secara perlahan hilang, lantaran diri sendiri, selalu mengingat Allah.

Misalnya saja Anda yang ingin traveling ke satu tempat baru, pastinya Anda akan mengucapkan doa safar. Yang artinya menginginkan Allah melindungi Anda dari berbagai macam hal yang mungkin saja terjadi selama perjalanan tersebut.

Untuk memperoleh ketenangan hati yang lebih baik, tidak ada salahnya setelah membaca doa safar tersebut, anda juga sering mengucapkan dzikir selama perjalanan. Agar hati benar-benar menjadi tenang.

Dari ulasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa mengucapkan dzikir, tidak hanya sebagai ungkapan atas ibadah saja, namun mampu memberikan manfaat yang sangat banyak untuk diri Anda sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top