hajar aswad

Hukum Mencium Batu Hitam dan Keistimewaannya

Semua jama’ah haji dan umroh ditanah suci Mekkah setiap tawaf tidak akan melewatkan kesempatan untuk mencium atau minimal mengusap Hajar Aswad dengan tangan. Mengusap dan mencium batu hitam ini sendiri hukumnya adalah sunah. Sebab, dahulu sahabat Umar bin Khattab pernah melihat Rasullullah SAW selalu mencium Hajar Aswad setelah thawaf seperti yang tertuang dalam Hadist Riwayat Bukhari ; “Sungguh aku tahu, kamu hanya batu. Tidak bisa memberi manfaat atau bahaya apa pun. Andai saja aku ini tak pernah sekalipun melihat Rasulullah Shallahu Alaihi Wasallam menciummu, aku pun enggan menciummu.” (HR Bukhari).

Dari hadis tersebut, disimpulkan bila menyentuh dan mencium Hajar Aswad saat ibadah umrah atau haji, semata-mata mengikuti tuntunan Nabi Muhammad SAW, bukan menyembah batu. Akan tetapi untuk menciumnya diperlukan niat, tekad dan usaha yang sangat keras. Setiap orang yang ingin menciumnya harus berjuang berdesak-desakkan dengan berbagai jama’ah dari seluruh penjuru negeri, tidak sedikit pula yang ditindih, kena sikut, keinjak kakinya sampai seperti kehabisan nafas. Waktu terbaik untuk meminimalisir desakan adalah diantara jam makan pagi jama’ah, karena biasanya para peziarah masih berada dihotel atau sedang sarapan pagi.

Terdapat beberapa keistimewaan dari batu
Hajar Aswad diantaranya adalah Pertama, Hajar Aswad merupakan batu dengan posisi paling mulia di bumi. Letaknya berada tepat pada Ka’bah di bagian timur laut yang merupakan sudut pertama yang dibangun Nabi Ibrahim AS.

Kedua, batu ini akan menjadi saksi pada hari kiamat seperti keterangan Ibnu Abbas RA atas sabda Rasullullah SAW tentang Hajar Aswad bahwa “Demi Allah, Allah akan mengutus batu tersebut pada hari kiamat dan ia memiliki dua mata yang bisa melihat, memiliki lisan yang bisa berbicara, dan akan menjadi saksi bagi siapa yang benar-benar menyentuhnya.” Karena itulah menjadi sangat penting bagi jama’ah sekalian untuk dapat menciumnya ketika beribadah umroh minimal bisa satu kali.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top