bisa pergi haji dan umroh jika

Kamu Tidak Akan Bisa Pergi Haji dan Umroh Jika

Umrohjateng.com – Menjalankan ibadah umroh dan haji bagi sebagian orang yang mampu memang bisa dilakukan dengan mudah. Namun bagi mereka yang belum mampu, tentu harus ada banyak hal yang dipersiapkan terlebih dahulu. Mulai dari mempersiapkan kekuatan fisik, pengetahuan yang mumpuni sampai dengan keuangan yang mumpuni.

Ada beberapa penyebab yang menjadi penghambat bagi Anda untuk bisa pergi umroh atau pun haji, antara lain :

 

1.Tidak Ada Niat

Tanpa adanya niat, sampai kapanpun juga Anda tak akan menginjakkan kaki ke tanah suci. Niat merupakan modal awal yang harus dimiliki untuk menunaikan setiap ibadah. Niat tak hanya dalam bentuk lisan saja, namun juga harus mantap dalam hati.

Banyak orang yang dari segi keuangan tampak sangat mumpuni karena kehidupannya bergelimang harta, namun pada kenyataannya tak kunjung menunaikan ibadah umroh atau pun haji. Inilah mengapa keberadaan niat itu sangatlah penting. Padahal jika mempunyai materi yang cukup, tidaklah sulit untuk menginjakkan kaki ke tanah suci.

Namun bagi Anda yang memang belum mempunyai kemampuan untuk menunaikan ibadah umroh atau pun haji tak perlu berkecil hati. Meskipun saat ini mungkin Anda belum mampu, niatkan terlebih dahulu dalam hati. Jika niat dan tekad sudah bulat, rejeki akan datang sesuai dengan kehendak Allah dan usaha yang Anda kerjakan.

 

2.Tidak Mulai Menabung

Persiapan untuk menunaikan ibadah umroh dan haji membutuhkan modal yang tak sedikit. Tak hanya biaya pendaftarannya saja yang harus dipenuhi, tetapi juga terdapat biaya lain – lain selama Anda berada di tanah suci.

Untuk itu menabung adalah salah satu solusi yang bisa Anda lakukan. Agar lebih tertib dan rutin, Anda bisa membuka tabungan khusus untuk haji. Jadi nantinya Anda akan menabung layaknya membayar angsuran sesuai tanggal jatuh tempo yang telah disepakati.

 

3.Tidak Mau Belajar dari Sekarang

Bekal ilmu agama yang mumpuni diperlukan saat beribadah di tanah suci. Serangkaian ibadah yang dilakukan tersebut, membutuhkan pengetahuan agar ibadah yang Anda jalankan bisa sempurna. Lupa salah satu saja dari serangkaian ibadah umroh atau haji yang harus dikerjakan, ibadah tersebut dianggap tidak sah. Sangat disayangkan bukan? Apalagi bagi Anda yang sudah bekerja keras bertahun – tahun untuk bisa berangkat ke tanah suci. Jadi mempersiapkan pengetahuan, akan memudahkan Anda dalam menunaikan serangkaian ibadahnya.

 

4.Lalai Akan Kewajiban Ibadah Lainnya

Sebagai umat muslim, Anda mempunyai kewajiban menunaikan berbagai ibadah. Sebelum menunaikan ibadah umroh atau haji, sudah sewajarnya ibadah – ibadah wajib lainnya sudah dikerjakan dengan baik. Misalnya saja shalat 5 waktu, puasa ramadhan, membaca Al Quran dan membayar zakat.

Jika ibadah – ibadah wajib tersebut belum Anda lakukan dengan baik, tentu untuk bisa menyempurnakan rukun islam yang kelima menjadi sulit. Kendala karena kelalaian Anda tersebut akan menjadi penghambat untuk bertamu ke rumah Allah. Untuk itu, sempurnakan terlebih dulu ke empat rukun islam tersebut. Jika ibadah Anda sudah baik, maka untuk menyempurnakan rukun islam secara menyeluruh menjadi lebih mudah.

Beberapa poin di atas wajib Anda beri perhatian khusus. Jangan sampai diri Anda termasuk hamba – hamba yang lalai akan kewajiban dalam menunaikan perintah-Nya. Tidak ada yang mustahil di dunia ini jika Allah berkehendak dan Anda mau berusaha. Semoga kita semua diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk bisa mengunjungi rumahnya di Baitullah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top