haji di usia muda

Keuntungan Haji dan Umroh di Usia Muda

Anda yang mempunyai kemampuan untuk berangkat berhaji atau umroh di usia muda, sebaiknya segerakan. Jika keduanya bisa Anda lakukan di usia muda, mengapa menunggu nanti? Mumpung Allah lapangkan rejeki, jangan menunda tujuan baik apalagi untuk menjalankan ibadah yang jelas – jelas diperintahkan oleh-Nya. Beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika menunaikan ibadah haji dan umroh di usia muda, antara lain :

 

1.Kondisi Fisik Masih Fit dan Prima

Fakta membuktikan dalam menunaikan ibadah haji dan umroh, 70 persennya adalah melakukan aktivitas fisik. Tentu saja hal tersebut membutuhkan kondisi fisik yang fit dan prima. Menunaikan ibadah haji dan umroh di usia mudah sangat disarankan karena kondisi fisik masih sangat baik. Aktivitas ibadah yang sangat padat, tentu akan menguras tenaga para jamaah.

 

Bisa Anda lihat, saat musim haji khususnya, untuk melakukan ibadah Sa’I dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali putaran, jamaah harus rela berdesak – desakan. Kondisi tersebut tentu saja membutuhkan tenaga ekstra. Belum lagi jika dihadapkan dengan kondisi cuaca yang ekstrim, tentu akan semakin berat jika dilakukan di usia lanjut. Untuk itu, menunaikan ibadah haji dan umroh saat masih muda, dianggap lebih efektif.

 

2.Menambah Ilmu Keagamaan dan Pengalaman Hidup

Di usia muda, menunaikan ibadah terlebih melakukan praktik secara langsung tentu akan menambah ilmu keagamaan dan juga pengalaman hidup yang sangat berharga. Dengan menunaikan ibadah haji dan umroh saat masih muda, akan membuka lebar – lebar mata Anda melihat bukti kebesaran Allah Sang Maha Pencipta.

 

Sepulang Anda dari tanah suci, cerita seputar pengalaman selama beribadah, akan membawa pengaruh positif bagi orang lain yang mungkin saja akan menggerakkan hati mereka untuk turut menyusul Anda menunaikan perintah-Nya.

 

3.Membantu dalam Bentuk Tenaga

Banyak di antara jamaah yang memang baru mendapatkan kesempatan menunaikan ibadah haji dan umroh di usia senja. Jika Anda menunaikannya di usia yang masih muda, tentu akan turut membantu dalam bentuk tenaga dalam mengarahkan para jamaah usia lanjut atau saat mereka sedang mengalami kesulitan selama berlangsungnya ibadah.

 

4.Melihat Banyaknya Muslim yang Taat dalam Beribadah

Di tanah suci, Anda akan melihat banyak orang yang benar – benar taat kepada Allah. Kondisi ini akan menggerakkan hati Anda untuk semakin mendekatkan diri kepada-Nya dan menjadi pribadi yang pandai bersyukur atas segala nikmat yang diberikan selama hidup di dunia.

 

5.Berdoa untuk Masa Depan yang Baik dan Disegerakan Bertemu Jodoh

Tanah suci adalah tempat yang tepat dan mujarab untuk memanjatkan doa. Doa untuk mendapatkan masa depan cerah dan disegerakan bertemu jodoh banyak dipanjatkan disana. Kedua keinginan tersebut sangatlah tepat jika dilakukan di usia muda yang memang perjalanan hidup ke depannya masih panjang. Insya Allah jika Allah memberikan umur panjang.

 

6.Sepulang Haji dan Umroh Terjadi Perubahan Hidup yang Lebih Positif

Sepulang haji dan umroh, kebanyakan jamaah akan lebih mendekatkan diri kepada Allah. Dengan begitu hidup Anda akan menjadi semakin baik dan bisa menularkan berbagai hal positif kepada orang lain.

 

7.Mengasah Jiwa Petualang

Sensasi umroh tanpa menggunakan agen travel bisa mengasah jiwa petualang. Bagi muda – mudi, melakukan umroh backpacker tentu saja akan lebih mengasikkan dan memberikan pengalaman bermakna. Anda akan merasakan kerja keras dan segala upaya berusaha mandiri untuk bisa bertahan selama perjalanan atau pun selama beribadah.

 

Nah itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menunaikan ibadah haji dan umroh di usia muda. Kesimpulannya adalah selagi mampu, jangan ditunda – tunda, segerakanlah menunaikan perintah-Nya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top