doa menjenguk orang sakit

Keutamaan dan Doa Menjenguk Orang Sakit

Ketika kesehatan manusia menurun itu artinya Allah sedang meluruhkan dosa-dosanya. Mereka yang sakit juga menjadi pengingat bagi mereka yang sehat agar senantiasa memanfaatkan waktu sehat dengan baik. Oleh karena itu dalam Islam dianjurkan untuk menjenguk orang sakit. Keutamaan dan doa menjenguk orang sakit dapat dipahami sebagai berikut!

  1. Pahala dari Allah

Hukum menjenguk orang sakit bagi sebagian ulama adalah sunah muakad sementara itu ada sebagian ulama yang mengatakan hukumnya fardhu kifayah. Terlepas dari hukum agama, hidup di lingkungan sosial memang harus saling tolong menolong dalam hal apapun, termasuk menjenguk orang sakit. Adab menjenguk orang sakit selain dianjurkan berdoa adalah tidak berlama-lama, terus memberikan motivasi agar kondisinya membaik serta menuntunnya dalam dzikir.

Apabila Anda menjenguk orang sakit, Allah akan memberikan pahala berlimpah. Pada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim. Allah selalu memuliakan dan mengutamakan hamba yang menjenguk saudaranya yang sakit, sesiapa yang menjenguk maka akan memperoleh pahala berlimpah di sisi Allah.

  1. Kebun Surga

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, siapa saja yang menjenguk orang sakit akan selalu berada di kebun surga hingga ia kembali. Maksud dari hadis ini ketika Anda menjenguk orang yang sakit maka akan memperoleh banyak pahala layaknya sedang berada di kebun surga.

Ketika menjenguk orang sakit, Anda juga disarankan untuk mendoakan agar yang sakit segera diberikan kesehatan oleh Allah. Doa tersebut dibaca saat Anda melangkahkan kaki untuk mengunjungi orang yang sakit. Anda bisa mengucapkan doa dalam bahasa apapun, namun akan lebih baik jika sesuai dengan yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBAN NAAS MUDZHIBAL BA’SI ISYFI ANTASY-SYAAFII LAA SYAFIYA ILLAA ANTA SYIFAA’AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAN.

Lafaz doa menjenguk orang sakit sesuai hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari No. 5742 dan Muslim No. 2191

Makna dari doa tersebut adalah memohon kepada Allah untuk menghilangkan penyakit tanpa merasakan nyeri, karena Allah Maha Penyembuh. Dengan memanjatkan doa tersebut dengan penuh kekhusukan dan iman, maka diharapkan akan dapat menghilangkan penyakit tanpa merasa menderita nyeri.

  1. Doa dari Malaikat

Menjenguk orang yang sedang sakit tidak hanya mendapatkan keberkahan dari Allah karena malaikat juga turut memohon ampun untuk mereka. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah.

  1. Pengingat Akan Akhirat

Ketika menjenguk orang sakit, maka itu menjadi momen pengingat bagi hamba lainnya akan akhirat dan kesehatan. Anda akan mengingat akhirat dengan rasa khawatir karena amalan belum cukup dan mengingat kesehatan yang terus disia-siakan untuk perbuatan yang bathil.

Itulah penjelasan singkat mengenai keutamaan dan doa menjenguk orang sakit. Jangan lupa untuk senantiasa berdoa kepada Allah agar diberikan kesehatan untuk melaksanakan ibadah. Wallahu a’lam bisshawab.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top