makanan khas arab saudi

Makanan Khas Arab Saudi yang Wajib Dicoba

Saat berkunjung ke suatu tempat, mencicipi sajian kuliner khasnya memang tak boleh dilewatkan. Apalagi jika perginya ke luar negeri, sangat disayangkan kalau sampai menyia-nyiakan momen berharga tersebut. Misalnya saja saat Anda sedang menjalankan ibadah haji atau umroh, mencoba berbagai panganan khas dari Arab Saudi wajib dilakukan.

 

Makanan khas disana identik dengan penampilan yang terlihat fresh dan kaya akan cita rasa karena banyak menggunakan berbagai rempah – rempah sehingga selera makan Anda menjadi semakin bertambah. Beberapa panganan khas Arab Saudi di bawah ini bisa dijadikan sebagai referensi :

 

1.Nasi Kebuli Arab

Nasi Kebuli khas Arab berbeda lo dengan Nasi Kebuli khas Indonesia. Berbagai rempah – rempah dicampurkan ke dalam nasi ini sehingga rasanya menjadi sangat gurih dan lezat. Untuk bahan – bahan utama yang dicampurkan adalah kaldu kambing, daging kambing, dan susu kambing. Sebagai pelengkap, tak lupa ditambahkan acar, kismis dan juga sambal.

 

2.Samosa Arab

Samosa Arab bisa dikategorikan sebagai cemilan. Panganan berbentuk segitiga ini adalah kue khas Timur Tengah. Untuk isiannya sendiri dibuat dari daging yang sudah dicincang halus dan diolah menggunakan beraneka ragam bumbu rempah. Selain itu juga terdapat bahan tambahan pelengkap seperti ketumbar, bawang bombay, kacang polong, kentang dan beberapa sayuran. Rasanya sangat lezat dan lembut di lidah. Saat menyajikannya, olahan daging cincang tersebut dibalut dengan kulit lumpia.

 

3.Hummus

Tak jauh dari roti yang merupakan makanan khas Timur Tengah, Hummus juga terbuat dari bahan dasar tepung roti. Kemudian terdapat bahan pelengkap lain seperti lentini, biji wijen dan kacang yang sudah diolah halus. Untuk menambah cita rasa ditambahkan dengan bawang putih, garam, air lemon dan juga minyak zaitun.

 

4.Katayef

Makanan ini dibuat dengan bahan utama tepung terigu. Untuk isiannya ditambahkan gula dan kacang kenari. Katayef banyak disajikan sebagai menu buka puasa karena rasa manis disetiap gigitannya. Rasa manisnya didapatkan dari siraman madu atau sirup pada permukaan Katayef tersebut. Selain itu, Katayef juga menawarkan beragam varian rasa seperti kacang tanah, kismis dan keju.

 

5.Manakeesh Arab

Jika dilihat sekilas, Manakeesh Arab ini tampilannya mirip dengan pizza khas Italia tau pun surabi khas Indonesia. Manakeesh dibuat dengan menggunakan tepung terigu, minyak zaitun, gula, madu dan berbagai rempah yang menjadi ciri khas panganan khas Arab Saudi.

 

Di bagian permukaannya juga ditambahkan toping agar tampilannya tampak lebih menarik. Toping yang umum digunakan adalah keju putih, keju ackawi, irisan tomat, daging cincang dan tak lupa saus untuk menciptakan sensasi rasa pedas.

 

6.Mutaqab Arab

Mutaqab biasa disajikan sebagai makanan pembuka kerajaan Arab Saudi. Makanan khas Arab yang dibuat menggunakan kulit kue tipis ini memiliki isian yang terdiri dari jalapeno pepper, bawang, piterseli, tomat, daging cincang, dan telur. Dari bentuk dan rasanya, makanan ini mirip dengan martabak telur yang ada di Indonesia.

 

7.Luqaimat Arab

Luqaimat kerap kali dijadikan sebagai hidangan penutup. Makanan ini berbentuk bulat layaknya Onde – Onde, dimana bagian dalamnya terasa sangat lembut dan pada bagian luarnya sangat renyah. Cita rasa manis yang dominan Anda rasakan, dianggap mirip donat. Makanan ini selalu ditunggu – tunggu saat datangnya bulan Ramadhan.

 

Bagaimana, mau coba yang mana dulu nih? Kesemuanya memiliki cita rasa yang kaya dan mudah Anda temukan saat sedang di Arab. Tunggu apalagi, mengisi waktu luang dengan kulineran sangat direkomendasikan lo. Tak hanya fokus pada ibadahnya saja, berbagai menu di atas bisa membantu menggugah selera makan para penikmatnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top