Biaya umroh

Tips Memilih Paket dan Biaya Umroh Yang Harus Anda Ketahui!

Selain memperhatikan tentang aturan dan syarat baru yang harus Anda lakukan sebelum melakukan umroh. Anda juga perlu memperhatikan tentang biaya umroh. Lantaran biaya umroh 2021 kali ini bisa dibilang berbeda dengan biaya umroh sebelumnya. Karena harganya sedikit lebih mahal. Alasannya, tidak lain untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi para calon jamaah ketika melakukan ibadah umroh di tanah suci.

Adapun yang dimaksud adalah layanan fasilitas kesehatan, yang akan dilakukan 2 tahap, yaitu di tanah air, dan di Arab Saudi.

Tentang biaya umroh

Berikut ini adalah beberapa jenis biaya umroh yang harus dikeluarkan, untuk mengikuti kegiatan ibadah tersebut, antara lain :

  1. Harga paket

Yang perlu dipersiapkan pertama kali adalah harga umroh 2021 tersebut. Tentunya harga yang akan dibayar tergantung jenis paket umroh yang Anda ambil. Untuk paket standar atau paket reguler, seperti yang dijelaskan di atas, saat ini sudah mengalami kenaikan.

  1. PCR dan karantina

Biaya yang perlu dipersiapkan berikutnya adalah tes PCR dan juga biaya menginap selama proses karantina. Biaya tersebut sudah termasuk biaya makan. Umumnya biaya yang dimaksud sekitar 2,6 jutaan rupiah.

  1. Paspor

Untuk Anda yang belum memiliki paspor, pastinya akan ada biaya pembuatan paspor. Biasanya pembuatan paspor ini, akan dibuat dan diurus sendiri oleh pihak jamaah atau Anda, di kantor imigrasi. Adapun besaran biaya yang umumnya dikeluarkan sekitar 350 ribuan rupiah.

  1. Buku vaksin meningitis

Berikutnya adalah melakukan vaksin meningitis, dan pembuatan buku vaksin meningitis. Besaran biaya umumnya sekitar 300 ribuan rupiah. Suntik vaksin meningitis sendiri biasanya dilakukan dan diurus oleh pihak jamaah atau dalam hal ini Anda, di KKP setempat.

  1. Perlengkapan dan handling

Biaya lainnya adalah perlengkapan dan handling. Ini adalah perlengkapan yang akan digunakan oleh para jamaah selama melakukan ibadah umroh. Adapun perlengkapan yang dimaksud antara lain koper, tas selempang, pakaian seragam, mukena, sabuk ihram, ihram, dan yang lainnya.

  1. Uang saku

Untuk besaran uang saku tersebut, tergantung setiap individu itu sendiri. Adapun uang saku sendiri akan digunakan untuk oleh-oleh, membeli aneka kuliner, pulsa & paket data dan yang lainnya.

  1. Tiket domestik

Yang dimaksud dengan tiket domestik ini sendiri adalah tiket yang digunakan oleh para calon jamaah sendiri, untuk pergi dan pulang ke daerahnya masing-masing. Besaran nilai tiket itu sendiri tergantung daerah yang dituju. Biasanya pembelian tiket dapat dilakukan oleh pihak jamaah atau bisa juga dibantu oleh pihak travel tour umroh.

Tentang paket umroh

Di Kiblat Kortasindo Perdana sendiri, terdapat beberapa macam paket umroh yang dapat Anda pilih dan gunakan untuk melakukan ibadah umroh. Untuk membantu Anda dalam memilih paket ibadah umroh secara tepat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :

  1. Bulan keberangkatan

Kapan rencananya Anda akan melakukan ibadah umroh, apakah pada alat musim liburan seperti liburan sekolah, liburan idul fitri, dan yang lainnya. Atau pada bulan-bulan khusus, seperti bulan Ramadhan dan yang lainnya. Tentu saja hal tersebut sebaiknya disesuaikan dengan jadwal libur atau jadwal cuti Anda.

Yang perlu diperhatikan disini adalah ada beberapa bulang yang termasuk bulan sibuk, dan bulan longgar. Pada bulan-bulan sibuk, seperti musim liburan atau bulan Ramadhan, biasanya tarif umroh yang ditawarkan naik, ketimbang bulan longgar.

  1. Paket umroh

Untuk paket umroh sendiri cukup beragam, antara lain :

  • Anda dapat memilih paket reguler seperti paket 9 hari, atau paket khusus, yang berangkat rata-rata 10 hingga 12 hari.
  • Ada juga pilihan paket yang tergantung fasilitas yang akan Anda dapatkan, mulai dari hotel, transportasi, dan yang lainnya. Umumnya hotel yang jaraknya dekat dengan masjid, cenderung lebih tinggi, dibanding hotel yang jarak ke masjidnya sedikit lebih jauh.
  • Ada juga paket yang menawarkan promo wisata ke kota atau negara lainnya, seperti Mesir, Dubai, dan yang lainnya. Hal seperti ini tentu saja akan mempengaruhi biaya pembelian paket, dan juga jumlah hari untuk beribadah umroh.
  • Untuk anak-anak dengan usia tertentu, biasanya akan diberikan biaya yang berbeda dengan biaya umroh orang dewasa.
  • Ada juga umroh backpacker, artinya layanan umroh memang dilakukan sendiri, hanya dibantu oleh pihak travel, dalam mengurus tiket hotel dan tiket pesawat.
  1. Cuaca

Hal lain yang sebaiknya Anda pertimbangkan ketika memilih paket umroh adalah faktor cuaca. Ada kalanya cuaca di kota Makkah dan Madinah cukup panas, ada kalanya cuaca yang ada justru cukup dingin.

Seperti halnya bulan Juni hingga Agustus, masuk ke dalam musim panas, bahkan cuaca di tempat tersebut, bisa mencapai sekitar 44 derajat celcius. Para orang tua yang tidak tahan terhadap panas, sebaiknya menghindari bulan-bulan tersebut.

Lain hanya ketika datang pada bulan November atau Desember, masuk ke musim dingin, jadi sebaiknya para calon jamaah membawa jaket tebal. Sedangkan jika ingin datang pada kondisi suhu yang normal, sebaiknya datang pada bulan Januari hingga April.

Satu hal yang harus Anda selalu bawah ketika melakukan ibadah umroh adalah, selalu siapkan kacamata hitam, agar mata terhindar dari terik cuaca panas yang ada.

Biaya Umroh sudah termasuk apa saja

Dari biaya umroh yang Anda bayarkan, apa saja fasilitas yang akan didapat. Tentu ini adalah salah satu pertanyaan yang akan Anda tanyakan. Jawabannya tentu saja cukup banyak, antara lain :

  • Visa umroh, yang langsung dibantu kepengurusannya oleh pihak travel umroh.
  • Tiket pesawat PP dari Indonesia ke Madinah. Untuk jenis layanan di pesawat ini sendiri tergantung paket umroh yang digunakan. Tapi umumnya menggunakan jenis layanan ekonomi.
  • Hotel yang nyaman selama di Makkah atau juga di Madinah. Fasilitas dan layanan hotel sendiri, juga tergantung paket umroh yang dipilih. Selain itu, paket ini sendiri sudah termasuk fasilitas karantina selama di Makkah.
  • Adanya pembimbing ibadah, selama Anda mengikuti kegiatan umroh. Pembimbing ini juga yang tidak hanya memberikan dan masukan tentang doa selama menjalankan ibadah umroh, juga memberikan tips atau aneka informasi lainnya yang dibutuhkan oleh para jamaah itu sendiri.
  • Tentunya ada fasilitas makan selama menginap dan melakukan ibadah umroh.
  • Fasilitas bus, selama berada umroh.

Jadi ketika Anda memilih umroh murah Semarang sebaiknya pastikan, bahwa harga paket yang ditawarkan tersebut, sudah termasuk beberapa layanan di atas. Adapun layanan yang disebutkan di atas, adalah layanan standar, yang sudah pasti ada di umroh murah.

Yang tidak termasuk biaya umroh

Ada beberapa biaya yang masuk biaya umroh, ada juga yang tidak termasuk biaya umroh Semarang, dalam hal ini antara lain :

  • Tes PCR dan karantina di hotel selama 1 hari di tanah air.
  • Paspor dan pembuatan paspor.
  • Vaksin meningitis.
  • Pembelian aneka kelengkapan, asuransi dan handling.
  • Kelebihan bagasi.

Jadi dari ulasan di atas, sedikit banyak, kini Anda sudah mengerti aneka biaya umroh yang perlu dikeluarkan ketika akan mengikuti kegiatan tersebut di masa New Normal, seperti sekarang ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top