cara daftar umroh

Tips Mudah Cara Daftar Umroh

Bagi umat muslim salah satu tempat yang cukup sakral untuk dikunjungi adalah Baitullah atau rumah Allah. Ibadah haji dan umroh merupakan pilihan yang bisa anda lakukan untuk berwisata religi sekaligus mendapatkan pahala. Meskipun ibadah umroh bukan sebagai ibadah yang utama karena berdasarkan Bahasa arti dari umroh adalah berziarah. Perbedaan mendasar antara haji dan umroh yakni terletak pada waktu pelaksanaan. Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara daftar umroh ada baiknya untuk mengetahui keistimewaan umroh.

Keistimewaan Umroh

Meskipun bisa dikatakan tidak seistimewa ibadah haji yang merupakan bagian dari rukun Islam namun ibadah umroh memiliki keistimewaannya tersendiri. Seseorang yang melakukan ibadah umroh akan dihapus dosa-dosanya. Hal ini bahkan lebih istimewa jika anda melakukan ibadah umroh selama dua kali, nantinya dosa yang anda lakukan di rentang waktu antara ibadah umroh tersebut akan dihapuskan.

Ibadah umroh merupakan bentuk jihad yang bisa dilakukan oleh para wanita serta orang yang lemah secara fisik dan tidak mampu bergabung dalam perang. Selain itu Allah juga sudah menjamin bahwa Allah akan menjamin doa orang – orang yang melakukan ibadah umroh. Orang – orang yang wafat saat melaksanakan ibadah umroh pahalanya tetap akan dicatat hingga datangnya hari kiamat.

Ada hal lain yang cukup menarik jika anda melakukan ibadah umroh yakni bisa mendapatkan lagi pahala satu kali umroh hanya dengan melakukan sholat dua rakaat di masjid quba. Masjid quba merupakan masjid yang terdapat di luar kota Madinah, nah jangan lupa juga untuk mengunjungi masjid ini.

Jika anda ingin mengumrohkan seseorang sebenarnya ulama memperbolehkan hanya dengan syarat tertentu. Hukum umroh sebenarnya sunah jadi tidak wajib bagi ahli waris untuk mengumrohkan orang tuanya. Namun apabila ketika masa hidupnya orang tuanya ingin melakukan umroh maka ada kewajiban bagi ahli waris untuk menunaikan nazar kedua orang tuanya tersebut.

Seperti yang kita tahu menunaikan nazar hukumnya wajib. Selain itu jika anda sudah melakukan cara daftar umroh dan melakukan umrah saat bulan Ramadhan anda akan mendapatkan fadilah atau keistimewaan ibadah umroh setara dengan ibadah haji.

Cara Daftar Umroh

Jika anda tertarik untuk melakukan ibadah umroh, ada beberapa syarat yang harus anda penuhi untuk melakukan pendaftaran. Pastikan anda sudah memiliki paspor asli, bagi suami istri juga harus menyiapkan buku nikah, selain itu jika ada anak yang berangkat umroh dengan ayahnya harus memberikan fotokopi akta kelahiran. Pastikan sudah melakukan suntik meningitis, biasanya setelah melakukan ini anda akan mendapatkan kartu kuning asli. Siapkan foto 4 x 6 dan bagi perempuan harus memakai jilbab. Setelah persiapan selesai anda bisa mempersiapkan diri untuk berangkat umroh.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top