Tips Umroh Bersama Anak

Tips Umroh Bersama Anak

Menunaikan perintah Allah SWT untuk berangkat umroh banyak dinanti oleh setiap muslim. Mempunyai anak, tak menjadikan surut niat untuk menunaikan perintah Allah SWT tersebut. Sampai – sampai harus rela membawa anak pergi ke tanah suci. Sebenarnya mengajarkan ilmu keagamaan sejak dini sangatlah baik. Jadi buah hati Anda bisa tahu apa saja perintah yang Allah SWT dan Rasul-Nya berikan.

Namun mengingat jarak tanah suci yang cukup jauh dari Indonesia dan kondisi cuaca yang berbeda, tentu harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Demi kebaikan sang buah hati, Anda wajib memahami apa saja yang harus dilakukan selama perjalanan dan saat sedang menjalankan serangkaian ibadah. Selain itu persiapan ekstra juga harus Anda lakukan. Berikut ini ada tips menarik saat menunaikan ibadah umroh bersama anak. Yuk simak!

 

1.Persiapkan Pengetahuan Umroh

Setelah Anda memutuskan untuk membawa anak untuk pergi menunaikan ibadah umroh, sebagai orang tua sudah sewajarnya mempunyai pengetahuan perihal perjalanan umroh. Jika usia anak Anda sudah 3 tahun, pemberian edukasi perihal ibadah umroh sangatlah penting. Diharapkan dengan memberikan edukasi tersebut, anak bisa diajak kerjasama dan memahami dengan baik saat berada di tanah suci sehingga ibadah umroh pun bisa berjalan dengan lancar.

 

2.Perhatikan Baik – Baik Kondisi Kesehatan Anak

Poin ini sangat penting dan harus menjadi perhatian khusus bagi Anda sebagai orang tua. Cari tahu terlebih dahulu kondisi cuaca di tanah suci sebelum memutusan untuk berangkat umroh. Kondisi ini nantinya akan membantu Anda dalam melakukan persiapan perlengkapan apa saja yang harus dibawa. Dengan begitu, kenyamanan anak selama perjalanan dan berada di tanah suci bisa terjamin. Setidaknya, Anda juga mempersiapkan obat – obatan untuk antisipasi penyakit ringan seperti halnya flu dan masuk angin.

 

3.Jangan Lupa Konsultasi ke Dokter untuk Pemberian Vaksin

Tak hanya memastikan kondisi kesehatan anak saja, Anda juga wajib memberikan vaksin kepada anak. Silahkan konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, vaksin apa yang harus diberikan. Hal ini digunakan untuk antisipasi terhadap penularan penyakit. Dengan memiliki sistem imun yang baik, resiko terjangkit penyakit selama di tanah suci bisa dihindari.

 

4.Membawa Perlengkapan dan Kebutuhan Anak

Perlengkapan dan kebutuhan anak juga tak boleh disepelekan. Hal ini akan berpengaruh kepada kenyamanan si kecil. Untuk perlengkapan sendiri, biasanya tak beda jauh dengan orang tuanya. Namun Anda juga harus perhatikan apa saja yang disukai si kecil. Misalnya saja membawa mainan kesukaan, pakaian favorit, kereta dorong (stroller) hingga peralatan lainnya.

 

5.Bawa Persediakan Makanan dari Indonesia

Masalah makanan juga tak boleh disepelakan, bagi Anda orang tua tentu mampu beradaptasi dengan baik terhadap makanan selama di tanah suci. Namun, belum tentu dengan buah hati Anda. Untuk itu membawa makanan kesukaan si kecil dari Indonesia, sangat disarankan.

 

6.Berikan Pengawasan Ekstra Saat Menjalankan Ibadah

Saat menjalankan ibadah umroh, jangan lupa untuk memberikan pengawasan ekstra kepada anak. Mengingat kondisi tanah suci yang memang selalu ramai setiap harinya. Lalai sedikit saja, hal buruk pun bisa terjadi kapan saja. Kasus anak terpisah dengan orang tua sudah umum terjadi jika orang tua lalai dalam memberikan pengawasan terhadap anak.

Beberapa tips umroh bersama anak di atas, mau tidak mau harus Anda lakukan jika sudah mantap dan memutuskan mengajak buah hati pergi menunaikan ibadah umroh. Dengan mengajak buah hati pergi umroh, tentu akan berdampak baik bagi si kecil di masa yang akan datang. Niat baik, tentu akan selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top